Yayasan Tunas Karya
Buka Pikiran - Sentuh Hati - Bentuk Masa Depan

 Sejarah Singkat SMP Santa Maria


SMP Santa Maria adalah salah satu sekolah swasta tertua di kota Muntok. Sekolah ini bermula pada tahun 1965 atas permintaan orang tua murid SD Santa Maria agar ada pendidikan kelanjutan setelah tamat dari SD.

Sekolah ini memulai kegiatan persekolahan pada tahun pelajaran 1965/1966. Pada awalnya sekolah ini hanya terdiri dari satu kelas gedung SMP Santa Maria bergabung dengan gedung SD Santa Maria, dengan pembagian, pagi hari kegiatan pembelajaran untuk SD dan sore untuk kegiatan pembelajaran SMP. Sekolah ini pertama kali dipimpin oleh seorang biarawati bernama Sr. Marcelina yang berasal dari Belanda. Beliau memimpin sekolah mulai tahun 1965-1967. Setelah itu terjadi pergantian kepemimpinan, namun masih dipimpin oleh seorang biarawati yakni Sr. Anfrida. Kepemimpinan awam sekolah ini dimulai oleh Bp. D. Simanjuntak. Selanjutnya, sekolah ini terus menerus dipimpin oleh kaum awam hingga sekarang.

Walaupun lepas dari kepemimpinan biarawati, namun sekolah ini tetap bernaung kepada Keuskupan Pangkalpinang lewat salah satu lembaga pendidikannya yaitu Yayasan Tunas Karya Pangkalpinang. Namun, sekolah ini bukanlah sekolah khusus untuk umat Katolik, tetapi terbuka untuk semua orang yang mementingkan mutu pendidikan yang baik.