Yayasan Tunas Karya
Buka Pikiran - Sentuh Hati - Bentuk Masa Depan

 Sejarah Singkat SMP Santo Yosef Belinyu


SMP Santo Yosef Belinyu berdiri pada tahun 1959 merupakan salah satu SMP Swasta yang berada di Ibukota Kecamatan Belinyu, menempati tanah seluas 7.776 M2. Lokasi sekolah sangat strategis, berada di tepi jalan raya Mayor Syafrie Rachman. Didukung oleh prestasi sekolah dan menanamkan nilai kedisiplinan selama ini, menyebabkan SMP Santo Yosef merupakan salah satu SMP Swasta yang masih dipercaya masyarakat untuk mendidik putra-putrinya sampai sekarang.

Masyarakat lingkungan sekolah memiliki wawasan relatif kurang memadai, sebagian besar mereka bekerja menjadi buruh harian dan berdagang. Sekalipun dengan latar belakang tingkat pendidikan yang relatif rendah, mereka sangat mendukung kemajuan sekolah ini. Hanya saja cara berpikirnya yang masih konservatif sehingga mereka menyerahkan sepenuhnya anak mereka kepada sekolah, padahal hampir 75% waktu anak lebih banyak di rumah. Hal inilah yang menjadi salah satu kendala bagi perkembangan pendidikan di SMP Santo Yosef Belinyu.

Sejak awal tahun 2013, SMP Santo Yosef pindah ke lokasi baru, di lokasi yang lama fasilitas yang dimiliki SMP Santo Yosef Belinyu sangat memadai. Dengan berada di lokasi baru, otomatis sarana dan prasarana menjadi kurang, ruang OSIS, UKS dan BK tidak ada. Namun demikian, dengan visi dan misi yang jelas, pelan namun pasti SMP Santo Yosef Belinyu terus meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana meskipun secara bertahap.

Saat ini SMP Santo Yosef Belinyu memiliki 6 ruang kelas, laboratorium IPA, perpustakaan, serta lapangan olahraga memadai. Didukung juga dengan tenaga pendidik  dan kependidikan yang terdiri 7 orang guru dan 3 orang tenaga kependidikan, 100% tenaga pendidik (guru) berkualifikasi S1/Akta IV dan sebagian bersertifikasi pendidik.